- Baris 1 (MOV CX,1AH) : pada baris program ini, mengisikan jumlah loop yang ingin dilakukan dengan perincian 0-26. Bila 26 dikonversikan ke bilangan hexa, maka akan didapat 1A hexa
- MOV DL,5AH : bilangan ASCII yang sama dengan 5A hexa akan dicetak dahulu dan dimasukkan DL sesuai dengan Int 21 hexa service
- MOV AH,02H : AH diisi dengan service number dari interrupt
- INT 21H : menjalankan interrupt 21 hexa
- DEC DL : menampilkan DL dari 26 hingga 0
- LOOP ULANGI : lompat ke arah MOV AH,02H dan dilakukan sebanyak 26 kali, setiap isi CX dikurangi satu hingga akhirnya mencapai nol
- INT 21H : perintah INT 21H untuk mengakhiri program
1.
Simulasi - Download
1. 1, Perintah apa dalam pemograman bahasa assembly untuk melompat ketempat yang ditunjukan oleh perintah disebut ?
A. Perintah ADD
B. Perintah JMP
C. Perintah INT
D. Perintah SUB
E. Perintah MUL
Jawab : B. Perintah JMP
Penjelasan
· Perintah ADD : perintah ADD ini berfungsi untuk melakukan proses penjumlahan nilai tujuan dan asal, dimana hasil dari penjumlahan akan disimpan di tujuan
· Perintah JMP : perintah JMP berfungsi untuk melompat ketempat yang ditunjukan oleh perintah
· Perintah INT : perintah untuk menampilkan isi register ke layar
· Perintah SUB : perintah SUB (substract) digunakan untuk mengurangkan suatu nilai tujuan dengan nilai asal, dan hasil pengurangannya akan disimpan di tujuan
· Perintah MUL : perintah MUL (multiple), digunakan untuk mengalikan dua buah nilai, yang hasil dari perkaliannya juga akan disimpan di register tujuan
2. Register apa yang ada pada jump yang mana setiap kali melompat akan berkurang satu atau sampai =0 dan tidak bisa melompat lagi ?
A. MOV
B. DEC
C. CX
D. INT
E. LOOP
Jawab : C. CX
Penjelasan :
Fungsi dari perintah
· MOV : Memindahkan nilai ke dalam register
· DEC : Mengurangi isi lokasi memori yang ditujukan oleh register R dengan 1, dan hasilnya disimpan pada lokasi tersebut
· CX : Register yang setiap kali melompat akan berkurang satu atau sampai =0 dan tidak bisa melompat lagi
· INT : Untuk menampilkan isi register ke layar
· LOOP : Mengulangi perintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar